-->

Sunday, February 21, 2016

DRONE - Pesawat tanpa awak atau lebih akrab saat ini dengan sebutan Drone, telah berkembang dan dikenal luas oleh masyarakat dan penggunanya juga tidak terbatas usia. Drone dulunya hanya diketahui sebagai pesawat tanpa awak yang digunakan oleh militer memata-matai musuh-musuhnya khususnya di daerah konflik yang dikontrol dari jarak jauh.
Add caption

Saat ini Drone, tidak hanya digukanan oleh militer, sudah banyak warga sipil dan perusahaan swasta yang menggunakan Drone, untuk medapatkan gambar dengan fokus yang bagus, bahkan telah banyak remaja yang menggunakan drone untuk sekedar bergaya mengabadikan foto-fotonya mengangtikan "Tongsis" untuk foto-foto selfi.
Jenis-Jenis Drone
Sebelum kita bahas lebih dalam lagi fungsi drone, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis drone.  Berdasarkan baling-balingnya Drone ada dua jenis yaitu :

Fixed wing Drone (Tunggal)

Fixed wing Drone, jenis ini bentuknya seperti pesawat komersial dan digunakan untuk proses yang cepat, daya jangkau lebih cepat serta lebih luas, biasanya untuk pemetaan (mapping) atau konsepnya seperti scaning. Drone jenis Fixed wins memiliki Energi lebih irit baterai karena single baling baling.

Multicopter Drone (Multi)

Multicopter Drone, jenis ini banyak digunakan oleh perusahaan dan warga sipil karena sangat cocok bagi yang ingin membuat video yang bagus dikarenakan lebih stabil dan daya angkut serta kekuatan untuk mengangkat beban (kemera) bisa yang lebih berat. Semakin banyak baling baling semakin stabil dan lebih aman.

Untuk jenis Mulcopter Drone, ada beberapa pilihan jenis baling-baling yang dapat pengguna pilih sesuai kebutuhan yang diinginkannya seperti :
a.       3 baling baling (3Copter)

b.      4 baling baling (Quadcopter)

c.       6 baling baling (HexaCopter)

d.      8 Baling baling (Octacopter)
Cara Membuat Drone 
Banyak orang penasaran hingga rasa ingin tahu bagaimana cara membuat drone. Sebelum membuat drone tentu yang harus diketahui ada kompone-komponen apa saja yang dibutuhkan membuat drone hingga bisa terbang. Komponen yang dibutuhkan untuk membuat drone akan kami bahas pada tulisan selanjutnya, yang akan kami fokuskan disini cara membuat drone sebagai motivasi pembaca yang benar-benar ingin membuat drone.

Ketika kita sudah bisa membuat drone sendiri tentu biaya yang akan dikeluarkan lebih murah daripada membeli drone. Dan dengan membuat drone atau merakit drone sendiri kita juga akan mengetahui seluk beluk dari drone itu sendiri dan bisa membuat drone sesuai selera dan keinginan kita.

Untuk membuat drone jenis quadcopter, pertama pilih komponen quadcopter dengan ukuran frame 250. Karena kecil dan ringkas, quadcopter dengan ukuran ini cocok digunakan untuk belajar bermanuver. Di awal pemilihan komponen, kita tidak akan menambahkan komponen ekstra seperti GPS, gimbal, kamera dan sebagainya.

Berikut pilihan komponen utamanya yang bisa didapat dari situs Hobbyking, Banggood, MyRCMart dan RCTimer sebagai perbandingan. Selain komponen ini, tentu aja ada beberapa komponen rakitan kecil yang harus disediakan seperti halnya kabel, solder dan perangkat pendukung lain.

Komponen Membuat Drone

Paling pertama dibutuhkan merakit Drone yakni :

1. Frame Quadcopter .


Frame quadcopter ukuran 250 banyak tersedia di pasaran dengan bahan fiber glass sampai carbon fiber. Memilih carbon fiber tentu lebih mahal, tapi tentu akan lebih ringan sehingga menambah flight time.

2. Motor



Motor brushless outrunner yang akan kita pakai adalah jenis 2300KV-2400KV sebanyak empat unit. Untuk merk motor, banyak pilihannya seperti SunnySky, RCTimer, RCX, ZMR dan sebagainya. Tidak usah bingung, pilih saja seusai budget yang tersedia.

3. Propeller



Delapan unit Propeller yang digunakan untuk 250 yang umum adalah berukuran 50×30, bisa memilih yang berbahan karbon atau nylon. Bagian ini akan menjadi bagian paling sering rusak. Jangan lupa, beli 2 jenis propeller sesuai arah putarannya, yaitu 2 jenis CW dan 2 jenis CCW.

4. Electronic Speed Controller (ESC)


ESC yang dibutuhkan untuk quacopter 250 adalah dengan ukuran 12A-20A. Pastikan ESC menggunakan firmware SimonK yang sudah dikenal kestabilannya untuk penggunaan di multi rotor, atau di tahun 2015 mulai banyak digunakan juga firmware BLHeli. Karena jumlah motor ada empat, maka kita perlu ESC juga sebanayk empat unit.

5. Flight Controller (FC)


Untuk pemilihan FC sebagai otak quadcopter kita, selain masalah harga juga terkait masalah selera. Sejauh apa fitur yang nanti kita inginkan dan seperti apa software yang akan digunakan untuk melakukan settingnya.

6. Radio Transmitter & Receiver


Untuk mencari radio yang tergolong cukup murah dan handal tidak banyak pilihan, yang paling umum adalah menggunakan Turnigy 9XR atau Walkera Devo atau bila ingin lebih tinggi lagi, bisa memilih Taranis. Buat yang ingin menggunakan Throttle di sebelah kiri (bukan kidal), pilih Transmitter Mode 2. Untuk receiver, langsung saja pilih 8 channel.

7. Battery dan Charger

Untuk charger dan baterai, banyak merk dan tipenya, khusus untuk baterai, bisa menggunakan baterai Lipo softpack yang berkapasitas 1400mah – 2200mah 3s untuk mendapatkan flight time 10-15 menit.

Sebelum merakit atau membuat drone sendiri tentu tujuh sejenis diatas wajib dimiliki. Tapi bagi anda yang tidak mau repot dan ingin memiliki drone anda bisa membeli yang sudah jadi dan banyak dijual dipasaran.

Harga Drone

Ada berbagai macam jenis drone, mulai dari jenis rakitan sendiri maupun yang sudah dirakit oleh perusahaan. Ada juga yang telah memiliki kameranya sendiri, sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi membeli kamera untuk dipasang di drone. Di bawah ini adalah 5 jenis drone dengan harga yang relatif terjangkau dan gampang didapatkan.

1.NINE EAGLE GALAXY VISITOR 3 MASF12


Harga Drone Galaxy Visitor 3, bisa dikatakan cukup terjangkau cukup mengeluarkan Rp 2 juta Anda sudah bisa menyalurkan hobi fotografi udara. Fitur yang dimiliki Galaxy Visitor 3 cukup lengkap. Drone satu ini sudah memiliki sensor ketinggian, fungsi perlindungan loss signal, serta memiliki lampu navigasi LED yang berwarna-warni. Bagi anda yang masih pemula, sudah tersedia fungsi ‘terbang headless‘ yang memiliki mode kontrol terbang cerdas sehingga akan sangat mudah untuk anda menggunakannya.

Spesifikasi :

Gyro Sensor: 9 Axis
TX: NE-TXOS218(4CH 2.4GHz)
Remote kontrol: NE-MASF12
Sistem tenaga: 8.5 coreless motor x 4
Baterai: 3.7V 1200mAh Li-po
Waktu terbang: 15min-20min
Jarak kontrol: 100-200m
Diameter motor utama: 5.8’’ (14.7cm)
Ukuran: 16.3 x 16.3 x 7.8 cm
Ukuran paket: 40.5 x 36 x 8.5 cm
Berat keseluruhan: kurang lebih 135g


2. RC QUADCOPTER V222 2.4G 6-AXIS


Harga Drone RC QUADCOPTER V222 2.4G 6-AXIS, sedikit lebih murah dari harga  Drone NINE EAGLE GALAXY VISITOR 3 MASF12, Harga sekitar Rp 1,9 juta rupiah. Fitur RC Quadcopter V222 ini sudah dilengkapi kamera yang dapat di-upgrade. Sistem 6 axis-nya membuat drone ini bisa menghadapi angin dengan lebih stabil.

Spesifikasi:

Durasi terbang: 8-10 menit
Jarak kontrol: 100-150 meter
Waktu pengisian baterai: 1-1.5 jam
Baterai untuk Quadcopter: 1 Piece of Li-Poly Battery 3.7V 500MAH (sudah termasuk di paket)
Baterai untuk Transmiter: 6 pcs of AA Battery (belum termasuk di paket)
Sertifikasi tersedia: EN71, 6P, ROHS, EN60825, EN62115, EMC, Cadmiun, FCC, ASTM


3. PARROT AR DRONE 2.0

Bagi pengguna smartphone Drone PARROT AR DRONE 2.0 menjadi pilihan. Parrot AR Drone 2.0 memang dapat dikendalikan dengan gadget yang anda miliki. Drone ini memiliki kamera sendiri yang mampu merekam video hingga 720 pixel. Parrot AR Drone 2.0 mempunyai kemampuan terbang yang cukup stabil dalam kisaran waktu 18 hingga 20 menit. Harga sekitar Rp 3.999.000 juta.

Spesifikasi:

Lensa: HD Camera 720p 30fps, Video frequency: 60 fps, Wide angle lens : 92 degrees diagonal
Sensor: 64 degrees diagonal lens, CMOS sensor
Resolusi display: 640×480 pixels (VGA)
Kapasitas memori: 1GB DDR2 RAM at 200MHz
Software support: EPP hull for indoor flight, automatic locking of propellers in the event of contact, UL2054 battery, control interface with emergency button to stop the motors
Baterai: Lithium polymer battery

4. RC QUADCOPTER SYMA X5C

Drone keluaran RC sepertinya memang menargetkan pengguna yang melakukan fotografi udara sebagai hobi. Hal ini dapat dilihat dari harga-harga produk yang dipatok murah dan tak memberatkan kantong. Seperti Syma X5C ini yang dibandrol sekitar 950 ribu rupiah saja. Di Indonesia, drone ini dapat dibeli di toko-toko online.

Spesifikasi:

Warna: White
Kamera: 2 MP, waktu rekam video 30min (allow video and camera at the same time)
Kapasitas memori: 2GB
Diameter main rotor: 14cm
Baterai untuk controller:  4″AA” batteries (tidak termasuk dalam paket)
Baterai untuk Quadcopter 3.7V 500mAh Li-poly
Waktu pengisian baterai: 90 menit (USB)
Waktu terbang: 7 menit
Jarak kontrol: 50 meter
Dimensi: 31*31*8cm
Berat: 916g


5. WALKERA QR INFRA X SMART DRONE

Walkera QR Infra X Smart Drone adalah drone pertama yang dilengkapi teknologi CAS (Crash Avoidance System). 10 sensor yang dimiliki drone ini memiliki kemampuan untuk mencegah drone ini menabrak orang, obyek, ataupun dinding. Walkera QR Infra X Smart Drone ini memiliki harga sekitar 1,3 juta rupiah.

Spesifikasi:

Encoder: ARM micro computer system
Frekuensi: 2.4Ghz(DSSS)
Tenaga:-5dBm~20dBm
Baterai: 1.2VX8 NiCard or1.5VX8 AA dry batteries
Current Drain: 170mA

Silahkan anda menjatuhkan pilihan mau merakit drone sendiri atau tidak mau repot, cukup membeli langsung dengan harga drone yang dipasarkan.



EmoticonEmoticon